Langsung ke konten utama

Laporan PKL di Setda Kabupaten Purbalingga


LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH
KABUPATEN PURBALINGGA




Disusun Oleh :
1.     Irmas Tri Rahayu          10372
2.     Rahmaniar Ayu A         10413 
3.     Saripah                          10419
4.     Nurul Awaliyah             10444



SMK NEGERI 1 BANYUMAS
Jalan Pramuka No. 1 Banyumas Telp. (0281) 796017 Kode Pos 53192
Tahun Pelajaran 2016/2017


LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH
KABUPATEN PURBALINGGA




Disusun Oleh :
1.     Irmas Tri Rahayu          10372
2.     Rahmaniar Ayu A         10413
3.     Saripah                          10419 
4.     Nurul Awaliyah             10444





SMK NEGERI 1 BANYUMAS
Jalan Pramuka No. 1 Banyumas Telp. (0281) 796017 Kode Pos 53192
Tahun Pelajaran 2016/2017



Halaman Persetujuan

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH
KABUPATEN PURBALINGGA


Disetujui dan diterima pada :
Hari dan tanggal                                 : Jumat, 3 Juni 2016









Pembimbing Institusi,




Tri Wahyu Dini Susanti, S.STP
NIP. 19820322 200012 2 002

Mengetahui
K3 Administrasi Perkantoran,




Indarti Widyaningsih, S.Pd
NIP. 19680703 199303 2 004

Guru Pembimbing,




Muh. Puruhito, S.Pd
NIP. 19650219 199003 1 004

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Laporan Praktik Kerja Lapangan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga dapat disusun dan diselesaikan dengan baik tiada aral suatu apapun.
Laporan ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penyusun menyampaikan terima kasih yang setulusnya kepada :
1.      Bapak Drs. Ruslan Haris R., M.Pd Kepala SMK Negeri 1 Banyumas
2.      Ibu Indarti Widyaningsih, S.Pd K3 Administrasi Perkantoran
3.      Bapak Muh. Puruhito, S.Pd selaku guru pembimbing Praktik Kerja Lapangan SMK Negeri 1 Banyumas
4.      Kabag, Kasubag, dan seluruh staf Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga
5.      Seluruh Guru dan Karyawan SMK Negeri 1 Banyumas
6.      Kedua orang tua yang senantiasa memberikan dukungan serta doa dalam kegiatan ini
7.      Serta pihak-pihak lain yang telah membantu penyusun dalam menyelesaikan laporan ini
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki pada masa yang akan datang. Penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat.





Banyumas,       September  2016


Penyusun
 





DAFTAR ISI

Halaman Judul.........................................................................................               i  
Halaman Persetujuan...............................................................................             ii
Kata Pengantar........................................................................................             iii
Daftar Isi..................................................................................................             iv
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.............................................................................               1
B.     Tujuan..........................................................................................               1
C.     Pembatasan Topik Laporan..........................................................               2
BAB II PELAKSANAAN PKL
A.    Waktu dan Tempat PKL..............................................................               3
B.     Jenis Pekerjaan Yang Dilakukan..................................................               3
C.     Hasil Yang Dicapai......................................................................               5
BAB III TEMUAN
A.    Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat................................               7
B.     Manfaat Yang Diperoleh / Dirasakan..........................................               7
C.     Pengembangan di Masyarakat.....................................................               8
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan..................................................................................               9
B.     Kesan...........................................................................................               9
C.     Saran............................................................................................             10
LAMPIRAN
-          Agenda Harian Kegiatan Praktik Kerja Lapangan
-          Daftar Hadir Praktik Kerja Lapangan


-           


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Untuk menghadapi era globalisasi, penyelenggaraan pendidikan keahlian yang sistematis dan sinkron dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk melatih peserta didiknya sehingga menjadi manusia yang berkepribadian baik dan menguasai IPTEK serta IMTAQ dan mampu mengembangkan dirinya.
Proses pelatihan ini dilakukan dengan cara berlatih bekerja langsung pada suatu instansi yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki siswa.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini sangat perlu dilaksanakan oleh siswa SMK agar dapat bersaing apabila mereka masuk dunia kerja sehingga dapat mewujudkan misi SMK untuk mengubah peserta didik dari status beban menjadi aset pembangunan yang profesional.
Pratik Kerja Lapangan (PKL) ini juga dilakukan agar siswa mampu menguasai kompetensi yang berstandar pada bidangnya dan mampu mengembangkan serta menginternalisasi sikap kerja profesionalitas dan mampu berkualitas.

B.     Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Pelaksanaan PKL ini mempunyai tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan keahlian yang dimilikinya secara berkelanjutan dan mempraktikkan teori yang didapat di sekolah dan mewujudkan misi SMK untuk merubah peserta didik dari status beban menjadi aset pembangunan yang produktif dan profesional serta membekali peserta didik dengan kepribadian dan kemampuan untuk dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.
Di SMK Negeri 1 Banyumas ada program keahlian Administrasi Perkantoran yang mempunyai tujuan agar para peserta didik dapat mengembangkan keahlian yang dimilikinya secara berkelanjutan dan mempraktikkan teori yang didapat di sekolah dan mewujudkan misi SMK untuk mengubah peserta didik dari status beban menjadi aset pembangunan yang produktif dan profesional serta membekali para peserta didik dengan kepribadian yang matang.



C.    Pembatasan Topik Laporan
Laporan Praktik Kerja Lapangan ini disusun dari data yang kami himpun selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga selama 3 (tiga) bulan mulai 6 Juni 2016 sampai dengan 6 September 2016. Oleh karena itu kami beri judul Laporan Praktik Kerja Lapangan Di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga. Adapun penjelasan kegiatan tersebut kami jabarkan dalam Bab II pada laporan ini.
BAB II
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN

A.    Waktu dan Tempat PKL
Waktu pelaksanaan PKL telah ditetapkan sekolah untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Tahun 2016/2017 dilaksanakan mulai tanggal 6 Juni 2016 sampai 6 September 2016. Tempat pelaksanaan PKL di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga, Jalan Onje No. 1B Purbalingga

B.     Jenis Pekerjaan Yang Dilakukan
Dalam melaksanakan kegiatan PKL, kami melakukan jenis pekerjaan diantaranya melakukan pengurusan surat masuk dan keluar dengan tata cara sebagai berikut :
1.      Pengurusan Surat Masuk
a.       Menerima Surat
Setelah surat diterima maka penerima surat harus mengisi tanda terima pada buku ekspedisi yang dibawa oleh si pengirim surat.
b.      Menyortir Surat
Kegiatan memilih-milih atau menggolongkan surat yang telah diterima berdasarkan atas klasifikasi.
c.       Mengagenda Surat
Setelah surat-surat digolongkan, kemudian surat dibuka, dibaca dan diperiksa apakah ada lampiran jika surat tembusan maka menunggu surat aslinya. Kemudian dilampiri disposisi yang telah berisikan keterangan-keterangan mengenai isi surat tersebut dan dicatat dalam buku agenda surat resmi.
d.      Penyaluran Surat
Surat yang telah dicatat pada buku agenda dan dilampiri lembar disposisi dimasukkan ke dalam map dan diserahkan pada Pimpinan.
e.       Pendistribusian Surat
Surat yang mendapat disposisi dari Pimpinan setelah itu diserahkan kepada pegawai yang bersangkutan yang tertulis pada lembar disposisi atau daftar terlampir.
f.       Penyimpanan / Pengarsipan Surat
Setelah surat selesai ditindaklanjuti kemudian surat-surat tersebut dikumpulkan, dilubangi dengan perforator dan dimasukkan ke dalam snelhecter atau ordner.
2.      Pengurusan Surat Keluar
a.       Surat-surat yang telah diketik, diparaf, dimintakan nomor urut (apabila surat tersebut ditujukan kepada alamat/luar instansi maka dimintakan nomor ke bagian umum setelah mendapatkan parat TU Bupati, TU Wakil Bupati, TU Setda tapi sebaliknya apabila hanya dalam instansi cukup pada buku agenda surat keluar) dan tanggal surat keluar.
b.      Setelah surat ditandatangani oleh Pimpinan kemudian surat asli digandakan sesuai kebutuhan.
c.       Setelah surat digandakan kemudian distempel.
d.      Surat dilipat dan dimasukkan ke dalam sampul surat yang sudah distempel dan dibubuhi alamat dan nomor surat.
e.       Surat tersebut dikirimkan ke alamat yang dituju.
3.      Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
Untuk dapat melakukan komunikasi dengan baik dan benar diperlukan pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara melakukan komunikasi melalui telepon. Berikut ini tata cara melakukan komunikasi melalui telepon :
a.       Menerima Telepon
1)      Mengangkat telepon dengan tangan kiri dan tanpa mengucapkan kata ‘Halo’.
2)      Menerima telepon dengan bahasa yang santun.
3)      Menanyakan nama, alamat, maksud dan tujuan telepon.
4)      Segera memanggil pegawai apabila si penelepon menghendaki berbicara dengan pegawai tersebut.
5)      Menyampaikan dengan baik dan jelas pesan si penelepon apabila tidak ada orang yang dikehendaki.
6)      Meletakkan gagang telepon setelah si penelepon sudah mematikan teleponnya.
b.      Melakukan Panggilan Keluar (Menelepon)
1)      Tangan kiri memegang telepon, tangan kanan menekan tombol nomor tujuan yang akan dipanggil.
2)      Setelah telepon terhubung, perkenalkan diri dan segera tanyakan orang yang dituju.
3)      Berbicara dengan bahasa yang sopan dan santun.
4)      Jangan beretele-tele, segera sampaikan maksud dan tujuan bertelepon.
5)      Ucapkan terima kasih pada akhir pembicaraan.
6)      Letakkan gagang telepon dengan benar pada tempatnya.
4.      Melakukan Penggandaan Dokumen
Melakukan penggandaan dokumen yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dilakukan oleh staf khusus penggandaan dokumen yang berada di koperasi Setda Purbalingga, siswa prakerin hanya menunjukkan dan menyerahkan dokumen yang akan digandakan.
5.      Menerima Tamu
Menerima tamu yang dating dari instansi lain maupun masyarakat Daerah Kabupaten Purbalingga yang mempunyai kepentingan dengan pegawai Sekretariat Daerah Purbalingga. Siswa PKL menyambut dengan baik dan sopan serta menanyakan ingin bertemu dengan siapa, kemudian siswa PKL memberitahukan kepada pegawai yang dimaksud.
6.      Pendistribusian Nota Dinas
Sebelum nota dinas didistribusikan, nota dinar tersebut terlebih dahulu diagendakan dan diberi nomor. Apabila nota dinas tersebut ditunjukkan kepada pimpinan (dalam hal ini Bapak Bupati, Asisten Pemerintahan, Asisten Ekbang dan Kesra) perlu diatur ulang apakah ada bagian dari nota dinas yang kurang atau tidak). Bila sudah diatur, kemudian didistribusikan ke alamat tujuan.

C.    Hasil Yang Dicapai
Dengan adanya Praktik Kerja Lapangan ini banyak hasil yang dicapai oleh para siswa  antara lain :
1.      Dapat berlatih bekerjasama antar pegawai.
2.      Dapat berlatih untuk bertanggungjawab dan konsekuen terhadap tugas dan kewajiban.
3.      Dapat mengurus surat masuk :
a.       Menerima surat dengan baik dan benar, setiap harinya menerima rata-rata 15-20 surat.
b.      Menyortir surat dengan baik dan sesuai dengan petunjuk.
c.       Mengagenda surat dengan tepat, setiap harinya mencapai sebanyak surat yang diterima.
d.      Melakukan penyaluran surat ke alamat yang dituju dengan tepat.
4.      Dapat mengurus surat keluar yaitu pendistribusian surat yang dilakukan dengan benar sesuai dengan alamat yang dituju.
5.      Dapat menerima telepon dengan benar dan menggunakan bahasa yang santun.
6.      Dapat menggandakan dokumen dengan benar dan tepat waktu.
7.      Dapat menerima tamu dengan sopan dan baik.
8.      Dapat menginput data dengan baik dan benar.
BAB II
TEMUAN

A.    Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
Setiap pelaksanaan PKL pasti tak lepas dari adanya faktor pendukung dan faktor penghambat. Berikut kami uraikan :
1.      Faktor Pendukung
a.       Faktor Pendukung dari Sekolah
1)      Adanya bimbingan dan kontroling dari pembimbing sekolah.
2)      Adanya pedoman pelaksanaan yang diberikan oleh guru pembimbing.
3)      Adanya pembekalan berupa materi maupun praktik yang diberikan oleh sekolah.
b.      Faktor Pendukung dari Instansi
1)      Adanya fasilitas yang memadai sehingga mempermudah pelaksanaan PKL.
2)      Para pegawai yang selalu membimbing dan memperhatikan siswa PKL.
3)      Para pegawai yang senantiasa bersikap baik dan ramah sehingga kami tidak canggung dalam melaksanakan PKL.
2.      Faktor Penghambat
Di dalam pelaksanaan PKL ini selain faktor pendukung, ada juga faktor-faktor yang dapat menghambat atau memperlambat kegiatan PKL. Faktor-faktor tersebut antara lain :
a.       Kurangnya rasa percaya diri siswa.
b.      Kurangnya pengetahuan dan wawasan akan kebiasaan atau acara kerja pada instansi.

B.     Manfaat Yang Diperoleh
Setelah kami melaksanakan kegiatan PKL, banyak sekali manfaat yang kami peroleh, sehingga kami dapat menggabungkan pengetahuan kompetensi Administrasi Perkantoran antara teori dan praktik. Teori merupakan ilmu yang kami dapat dari arahan dan penjelasan guru di sekolah, sedangkan praktik merupakan ilmu yang kami peroleh dari latihan kerja sehingga dapat memotivasi kami agar lebih semangat dalam belajar.
Manfaat yang kami peroleh selama praktik antara lain :
1.      Kami dapat melaksanakan pengolahan dokumen seperti :
a.       Mengagenda surat dengan baik dan benar.
b.      Mengarsip psurat engan baik dan benar.
c.       Mengekspedisi surat dengan baik dan benar.
d.      Mengagenda surat dengan benar dan tepat waktu.
e.       Mendistribusikan surat dengan baik.
2.      PKL ini memberikan gambaran nyata tentang tata usahaan Setda Kabupaten Purbalingga yang sebenarnya pada kami.
3.      Kami dituntut untuk bertanggungjawab dan mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing institusi maupun pembimbing sekolah.

C.    Pengembangan Di Masyarakat
Setelah kami melaksanakan PKL di Setda Kabupaten Purbalingga, kami dapat menjalin hubungan baik antara masyarakat, perangkat daerah dan lembaga pemerintahan untuk mendukung terwujudnya tata pemerintahan yang baik, sesuai dengan Visi dan Misi Setda Kabupaten Purbalingga.
Selain itu, yang dapat kami terapkan di masyarakat yaitu dengan berbekal ilmu yang didapat selama kami PKL, wawasan kami menjadi lebih luas mengenai tata pemerintahan yang ada di kabupaten. Kami dapat membantu orang lain atau suatu kantor atau suatu organisasi yang embutuhkan bantuan kami mengenai ketatausahaan atau tata persuratan.
BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Setelah kami uraikan secara terperinci, maka dapatlah ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Struktur Organisasi Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga menggunakan sistem sentralisasi.
2.      Tugas karyawan pada masing-masing bagian sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
3.      Pengurusan surat di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga menggunakan sistem kartu kendali dan buku agenda.
4.      Dengan melihat hasil pekerjaan yang diperoleh pada waktu PKL, ternyata pelajaran yang didapat pada waktu PKL memang sama dengan apa yang diajarkan di sekolah. Tetapi dengan dipraktikkan secara langsung maka kami dapat lebih mudah memahaminya.
5.      Relevansi antara pelajaran yang diterima di sekolah dengan praktik di dunia kerja sangat signifikan bahkan teori maupun praktik di sekolah sangat bermanfaat sekali di dunia kerja.

B.     Kesan
Kesan kami selama Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga sebagai berikut :
1.      Keramah-tamahan dan kerjasama antar pegawai dengan siswa PKL yang sangat baik sehingga siswa tidak menemukan kesulitan dalam melaksanakan tugas.
2.      Tata ruang kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga teratur dengan baik sehingga tidak mengganggu aktivitas pegawai.
3.      Setiap kebutuhan kantor yang dibutuhkan tersedia cukup memadai.
4.      Pimpinan yang berwibawa memberi motivasi kepada bawahan untuk mencapai hasil kerja yang maksimal.
5.      Lokasi kantor yang strategis sehingga mudah dijangkau.
6.      Pegawai yang memberikan tugas langsung menegur siswa PKL yang melakukan kekeliruan sehingga siswa dapat meminimalkan sedini mungkin kesalahan.
7.      Selama kami melaksanakan PKL kami merasakan dan mengetahui dunia kerja yang tidak jauh bebeda dengan pelajaran yang diajarkan di sekolah dan dengan dipraktikkan secara langsung kami lebih mudah memahami.

C.    Saran
Dalam setiap pelaksanaan kegiatan pasti tidak lepas dari kekurangan atau kesalahan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pelaksanaan PKL yang akan dapat, kami mempunyai beebrapa saran untuk instansi, sekolah dan adik kelas. Saran tersebut antara lain :
1.      Untuk Instansi
a.       Sebaliknya dilakukan sistem bergilir pada tiap-tiap bagian agar siswa dapat menambah pengalaman dari tiap-tiap bagian tersebut.
2.      Untuk Sekolah
a.       Pengarahan dan bimbingan dalam kegaitan pembekalan yang lebih jelas namun tidak bertele-tele, sehingga mudah dimengerti oleh siswa.
b.      Kontroling dan koordinasi pembimbing sekolah dengan pembimbing instansi harus lebih diperhatikan, sehingga tidak menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam pembuatan laporan.
3.      Untuk Adik Kelas
a.       Tingkatkan rasa percaya diri kalian dalam melaksanakan tugas yang telah dipercayakan kepada kita yang diberikan oleh pegawai.
b.      Pahami semua pengetahuan dan wawasan akan kebiasaan / cara kerja di Instansi.



L
A
M
P
I
R
A
N

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lembar Penilaian Sikap Laporan PKL

LEMBAR PENILAIAN SIKAP Nama                     : RAHMANIAR AYU ANNISA NIS                       : 10413 Kelas                     : XII AP 2 Paket Keahlian      : Administrasi Perkantoran Tempat PKL         : Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga Jujur Tanggungjawab Disiplin Santun Nilai Akhir A B C D A B C D A B C D A B C D Ketarangan Kategori Penilaian Sikap : Nilai A jika sikapnya Sangat Baik Nilai B jika sikapnya Baik Nilai C jika sikapnya Cukup Baik Nilai D jika sikapnya Kurang Baik Nilai Akhir = Nilai yang muncul paling banyak pada aspek penilaian                                                                                         

Lembar Penilaian Keterampilan Laporan PKL

HUM/PSG/FO-019 Rev 02 / 1 Februari 2016 LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN Nama                     : RAHMANIAR AYU ANNISA NIS                       : 10413 Kelas                     : XII AP 2 Paket Keahlian      : Administrasi Perkantoran Tempat PKL         : Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga NO UNIT KOMPETENSI NILAI 1. Pengantar Ekonomi dan Bisnis 2. Pengantar Akuntansi 3. Pengantar Administrasi Perkantoran 4. Korespondensi 5. Kearsipan 6. Simulasi Digital 7. Otomatisasi Perkantoran 8. Administrasi Kepegawaian 9. Administrasi Keuangan 10. Administrasi Sarana dan Prasarana 11. Administrasi Humas dan Protokol